Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Makanan Khas Indonesia (Tulisan 4)


Rendang

            Rendang atau dalam bahasa Minang Randang adalah salah satu masakan tradisional daerah Minangkabau dengan menggunakan bahan dasar daging dan santan kelapa sebagai bahan utama. Daging yang digunakan adalah daging kambing atau daging sapi. Makanan tradisional Indonesia di kenal dengan kandungan bumbu rempah-rempah yang sangat kaya. Makanan ini identik dengan citrarasa yang pedas ini sangat digemari oleh seluruh kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan masyarakat Indonesia meyakini bahwa makanan rendang ini adalah salah satu jenis makanan wajib yang ada pada saat perayaan hari besar, seperti perayaan hari besar umat islam yaitu hari raya Idul Fitri dan hari raya idul Adha. Atau biasanya jenis makanan ini dapat ditemukan di seluruh Rumah makan Padang.
            Rendang adalah masakan yang mengandung bumbu rempah yang kaya. Selain bahan dasar daging, rendang menggunakan santan kelapa (karambia), dan campuran dari berbagai bumbu khas yang dihaluskan di antaranya cabai (lado), serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah dan aneka bumbu lainnya yang biasanya disebut sebagai pemasak. Keunikan rendang adalah penggunaan bumbu-bumbu alami, yang bersifat antiseptik dan membunuh bakteri patogen sehingga bersifat sebagai bahan pengawet alami. Bawang putih, bawang merah, jahe, dan lengkuas diketahui memiliki aktivitas antimikroba yang kuat. Tidak mengherankan jika rendang dapat disimpan satu minggu hingga empat minggu.
Proses memasak rendang asli dapat menghabiskan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam), karena itulah memasak rendang memerlukan waktu dan kesabaran. Langkah-langkah untuk memasak rendang antara lain :
·                Potongan daging dimasak bersama bumbu dan santan dalam panas api yang tepat, diaduk pelan-pelan hingga santan dan bumbu terserap daging.
·                Setelah mendidih, apinya dikecilkan dan terus diaduk hingga santan mengental dan menjadi kering.
·                Memasak rendang harus sabar dan telaten ditunggui, senantiasa dengan hati-hati dibolak-balik agar santan mengering dan bumbu terserap sempurna, tanpa menghanguskan atau menghancurkan daging. Proses memasak ini dikenal dalam seni kuliner modern dengan istilah 'karamelisasi'. Karena menggunakan banyak jenis bumbu, rendang dikenal memiliki citarasa yang kompleks dan unik.
            Citarasa yang terkandung dalam makanan rendang ini ternyata tidak hanya disukai oleh masyarakat Indonesia saja, hal itu terbukti karena kita dapat menemukan masakan rendang ini tidak hanya di Indonesia. Diantaranya kita dapat menemukan makanan ini di belahan negara Singapura, malaysia, dan Belanda. Namun keaslian citarasa rendang khas Minagkabau, Sumatra Barat ini tetap tidak dapat dikalahkan dengan rendang-rendang yang ada di belahan negara lain.

Sumber :

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

please , your comment ..