Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Geliat Mobil Esemka (Tulisan 1)



Apa Sih Mobil Esemka Itu ???

            Beberapa waktu belakangan ini, nama mobil Esemka sangat populer sekali di telinga kita. Baik di media maupun pembicaraan di kalangan masyarakat banyak yang membicarakan mobil yang satu ini. Mobil Esemka adalah mobil nasional hasil karya anak bangsa kita khususnya anak-anak SMK yang berada di kota Solo, Jawa Tengah. Sebagian besar komponen yang digunakan dalam pembuatan mobil ini diproduksi di dalam negeri.
            Dari sumber republika.co.id yang saya baca, komponen yang digunakan oleh mobil Esemka ini dipasok dari 23 sekolah yang ada di Indonesia. Rata-rata setiap sekolah memasok 25 unit mesin setiap bulannya dan mengirimnya ke Solo, Jawa Tengah untuk dirakit.
            Sejak Walikota Solo, Jawa Tengah Joko Widodo mengapresiasi hasil karya anak-anak di kotanya dengan menjadikan mobil Esemka sebagai mobil dinasnya, permintaan mobil Esemka dari berbagai kalangan berdatangan. Meningkatnya permintaan akan mobil Esemka ini juga dikarenakan banyaknya beberapa pertimbangan yang dipikirkan oleh konsumen mengenai mobil ini. Salah satunya mengenai harga. Mobil Esemka dianggap mobil yang lebih terjangkau dibandingkan dengan mobil yang lainnya yang memiliki spesifikasi yang sama dengan mobil Esemka.
            Belum lama ini mobil Esemka melakukan uji emisi pembuangan di Balai Termodinamika Motor dan Sistem Propulsi (BTMP) Tangerang dan dinyatakan tidak lolos dalam uji tersebut. Kegagalan dalam uji emisi dalam tahap mensahkan sebagai mobil nasional itu sudah biasa terjadi dan hal itu disikapi oleh anak-anak SMK di Solo, Jawa Tengah dengan melakukan pengembangan dan penyempurnaan tekonologi, walaupun tidak bisa dipungkiri tetap ada kekecewaan di benak mereka.
            Hadirnya mobil Esemka ini diharapkan dapat memacu semangat anak-anak Indonesia untuk dapat menghasilkan suatu karya yang dapat dibanggakan oleh Bangsa Indonesia dan bisa dipandang oleh bangsa lain.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

please , your comment ..