Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Tulisan 6


Media Jejaring Sosial Mengakibatkan Berbagai Dampak Sosial
 
            Dengan seiring makin berkembangnya teknologi informasi dari jaman ke jaman, semakin banyak pula berbagai jenis jejaring sosial yang diciptakan. Jejaring sosial adalah sebuah perantara yang menghubungkan sebuah interaksi antara satu user dengan user lainnya. Berdasarkan yang dilihat sekarang ini, setiap orang kebanyakan memiliki lebih dari satu jenis jejaring sosial. Karena menurut mereka, jika kita tidak menggunakan jejaring sosial yang sedang terkenal pada masa itu dianggap ‘ketinggalan jaman’. Padahal argumen tersebut adalah salah besar.
            Semakin sering seseorang menghadapi dunia jejaring sosial, semakin dia melupakan dunia nyatanya. Kebanyakan pihak menganggap jejaring sosial hanya akan memberikan dampak buruk bagi penggunanya. Namun, jika dipandang dari sudut tertentu jejaring sosial juga dapat memberikan dampak positif bagi penggunanya. Hal itu dapat dilihat dari bagaimana user menggunakan jejaring sosial yang dia punya.
            Contoh penggunaan yang memberikan dampak positif yaitu kita dapat menggunakan media jejaring sosial sebagai media untuk lahan berbisnis. Akhir-akhir ini banyak sekali ditemukan akun-akun jejaring sosial yang memberikan pelayanan jual-beli dan pelayanan jasa. Jika hal itu yang terjadi, jejaring sosial memiliki sasaran yang tepat. Adapula contoh penggunaan yang memberikan dampak negatif, yaitu pengguna yang menggunakan media jejaring sosial secara berlebihan. Dia akan menghabiskan sebagian waktunya untuk menghadapi dunia jejaring sosial, sedangkan dia melupakan dunia nyatanya untuk bersosialisasi dengan orang-orang sekitar.
            Sesuatu yang berlebihan memang selalu memberikan dampak yang kurang baik. Jadi ada baiknya jika kita menggunakan media jejaring sosial secara wajar saja. Hanya sebatas untuk memperluas pertemanan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

please , your comment ..